Translate

Selasa, 13 Februari 2024

Kisaku merantau

 Enam bulan tuju hari tinggal di pt cinta manis waktu itu aku pergi merantau kesana bersama dua temanku yg bernama sarman dia biasa ku panggil denggan panggilan man, dan yg satunya namanya junaidi dia biasa kupanggil denggan sebutan juway atau way na keberangkatan kami bertiga setibanya disana masingp"dari ruma membawa uang saya sendiri membawa uang sejumla 32 ribu saraman punya uang 8ribu junaidi punya uang 85ribu dapat hasil penjualan kopinya lantas uang tersebut yg tetap utu hanya saya punya karna saya gk belanja apa"ongkos dan makan minum selama diperjalanan sehari dua malam yg tanggung saya adala mbah ran org tua yg memanduku ketujuan tersebut maka tibala kami disana lantas aku dan kawanku ku ajak belanja kepasar cinta manis kami hanya beli barang perabotan dapur seperlunya aza yg dibeli cuma 3 b piring 3 b cangkir 3 b sendok dan satu bua panci na cuma itulah yg dapat kami beli buat alat masak nasi air dan sayur hanya satu alat panci dong carakerja memasaknya gk repot pertama memasak air kalau mendidi langsung dapat membuat minuman teh atau kopi lantas tahap kedua memasak sayur masukan bumbu kedalam air tadi menjadi sayur bening kol atau kubis yg terakhir barula memasak nasi na itula cara kami memasak dan makan selama disana kurun wak tu lebi kurang ada tiga bulan kami kerepotan memasak sendiri maka kami menyimpulkan untuk makan dikantin biayaya makan dikanti cukup mura bila dibanding harus belanja sendiri cuma 14ribu per minggunya makan gk makan tetap harus bayar sejumla 14ribu aku dan kawan terus bekerja disana saban malam jumat kami terima gaji, gaji gk banyak tapi hatiku senang sekali bila malam jumat telah tiba uang yg diambil setiap malam jumat rata" 25ribu sampai 75ribu gaji perminggu itula biayaya hidup dalam seminggu pokoknya ada uang main"kepalembang kan dekat dari cinta manis palembang cuma ongkos 1500 uda sampe palembang tapi sedi juga terakhirnya tutup musim panen tebu aku sempat kebinggungan mau kemana lagi diwaktu itu aku gk perna pinggin pulang kampung halaman enta kenapa aku juga gk tau penyebabnya mungkin karna org tua ku tlah tiadalagi dan sau dara"ku kurang memperhatikanku,hadew capek juga ngetiknya cukup sampai disini dulu kawan lain kali sambung lagi ceritanya:bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar